Jumat, 02 Agustus 2019

Bolehkah saya melakukan pemeriksaan sinar-X (rontgen) jika saya sedang hamil?


Artikel terjemahan dari website www.nhs.uk



Jika memungkinkan, anda seharusnya menghindari untuk melakukan pemeriksaan rontgen ketika anda hamil.


Bisakah pemeriksaan saya ditunda?

Dokter anda bisa membantu anda untuk memutuskan apakah pemeriksaan anda bisa ditunda sampai anda melahirkan.

Mereka mungkin juga akan mempertimbangkan metode pemeriksaan lain, seperti pemeriksaan USG (Ultrasonografi).


Bagaimana jika saya membutuhkan pemeriksaan rontgen pada gigi?

Pastikan bahwa anda memberitahu dokter gigi anda bahwa anda sedang hamil. Jika anda membutuhkan rontgen untuk gigi anda, dokter gigi anda biasanya akan menunggu sampai bayi anda lahir, meskipun kebanyakan rontgen pada gigi tidak mempengaruhi daerah perut (abdomen) ataupun daerah panggul (pelvic).


 Bagaimana cara kerja sinar-X (rontgen)?

Sinar-X adalah radiasi elektromagnetik dengan panjang gelombang yang pendek yang bisa menembus jaringan tubuh. Level atau dosis dari radiasi yang digunakan beragam, tergantung pada jenis sinar-X dan peralatan yang digunakan. Hal ini juga bisa beragam tergantung pada ukuran orang yang akan diperiksa. Pada sinar-X, dosis radiasinya diukur berdasarkan satuan milligray (mGy).

Jika dokter anda menyarankan untuk tetap melakukan pemeriksaan rontgen, maka akan dipakai dosis radiasi terendah yang mungkin digunakan.


Apa resikonya?

Penggunaan sinar-X selama kehamilan tidak meningkatkan resiko kecacatan atau menyebabkan masalah pada janin, seperti lahir cacat dan gangguan perkembangan fisik ataupun mental.

Bagaimanapun, jika wanita hamil melakukan pemeriksaan sinar-X dan terkena radiasi, maka hanya sedikit sekali resiko terjadinya peningkatan pertumbuhan kanker pada masa kanak-kanak. Karena itulah dosis radiasi yang dipakai adalah dosis terendah yang mungkin digunakan.

Selama pemeriksaan sinar-X pada gigi, apron pelindung tidak rutin digunakan untuk melindungi bagian abdomen (perut) ataupun pelvic (panggul) dimana sinar-X untuk gigi ini tidak memberikan pengaruh pada daerah tersebut.

Bagaimanapun, pada kasus yang jarang, dibutuhkan pemberian sinar-X pada pemeriksaan gigi dengan sudut sorot yang bisa mempegaruhi area pelvic (panggul). Jika anda membutuhkan pemeriksaan sinar-X gigi seperti ini dan pemeriksaan tersebut tidak bisa ditunda sampai setelah melahirkan, maka dokter gigi anda akan menutupi perut anda dengan apron khusus ketika melakukan pemeriksaan sinar-X.


Bagaimana jika saya belum dinyatakan hamil (belum tau hamil) ?

Jika anda merasa mungkin anda sedang hamil atau anda belum yakin, beritahu dokter anda. Dokter akan membuat catatan khusus ketika menentukan pilihan pengobatan anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar