BAHAYA RONTGEN TERHADAP IBU HAMIL

Friday, August 2, 2019

Pemeriksaan Sinar-X selama Kehamilan : Keamanan dan Efek Sampingnya.


Artikel terjemahan dari website American Pregnancy Association
                                                                                                           

 

Melaksanakan pemeriksaan sinar-X saat kamu hamil.

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa melakukan pemeriksaan sinar-X selama kehamilan bisa berbahaya bagi janin. Hal ini mungkin benar, tapi pada beberapa kasus tidak melakukan pemeriksaan sinar-X malah akan memperberat keadaan mu dan memperburuk kondisi janin kamu.


Apakah aman melakukan pemeriksaan sinar-X saat sedang hamil?

Berdasarkan “the American Academy of Family Physicians”, sinar-X pada umumnya aman dilakukan selama kehamilan, tapi masih ada sedikit berdebatan tentang hal ini. Hasil penelitian masih saling bertentangan, oleh karena itu pemeriksaan dengan sinar-X seharusnya hanya dilakukan ketika manfaatnya jauh lebih besar dari pada resikonya.



Apakah semua sinar-X aman saat kehamilan?

Tidak semua sinar-X itu sama, tapi kebanyakkan posisi pemeriksaan hanya sedikit sekali mengenai uterus (rahim) dan mempengaruhi perkembangan janin. Pada pemeriksaan sinar-X gigi, pada dasarnya tidak akan mengenai bagian tubuh lainnya kecuali bagian gigi. Sedangkan pada pemeriksaan sinar-X lengan, tungkai ataupun dada tidak langsung mengenai organ reproduksi.

Bagaimanapun, pemeriksaan sinar-X pada bagian perut, panggul, pinggang dan ginjal, memiliki peluang besar untuk mengenai uterus (rahim). Pada keadaan ini, penting bagi kamu untuk memberi tahu doktermu jika kamu sedang hamil.


Seberapa besar kemungkinan bayi saya akan mendapatkan efek samping dari pemeriksaan tersebut?

Berdasarkan “American College of Radiology”, tidak ada satupun pemeriksaan sinar-x yang memiliki dosis radiasi yang dapat menyebabkan efek samping pada pertumbuhan janin. Pemeriksaan radiologi yang biasa dilakukan yaitu gigi, dada, CT scan (kepala/dada) dan perut.

NB: Selalu beritahu dokter kamu jika kamu sedang hamil.

No comments:

Post a Comment