Skip to main content

Posts

Showing posts from June, 2009

Berita yang Menyesakkan....

Padang, 19 Juni 2009
Jum'at

Masih di hari yang sama. Hari Jum'at. Perjalan dari Unand atas bukanlah suatu akhir pada hari ini. Masih ada agenda besar yang ingin ku persiapkan. PENSIL 1 Broca. Pelatihan Jurnalistik dan Silaturahim 1 Broca. Besok, adalah hari itu. Proker pertama HRD Broca akan dilakukan. Ya, ini tugas pertamaku sebagai seorang Pimpinan HRD untuk memimpin suatu acara. Sedikit takut dan deg...deg...kan. Walau semuanya telah ku persiapkan semaksimal mungkin. Di atas Bus kota, saat pulang menuju FK, aku mengirim sms untuk mengkonfirmasikan kembali kedatangan dan kesiapan para Pemateri. Tak terlalu ribet, tinggal sms tanggal, waktu, dan jam. Beres.

Sebelum ashar aku dah nyampe lagi di FK. Dengan sedikit lelah, sedikit ngantuk, sedit capek dan sedikit nyut-nyutan. Namun yang perlu di catat, kalau sedikit demi sedikit di kumpulin akhirnya akan menjadi banyak. So, intinya aku benar-benar capek.............

Tidur-tiduran dikamar, sambil nunggu azan ashar. Ya, walau kelihatan…

Hari-hari yang Membuat Adrenalin Meningkat

Padang, 19 Juni 2009
Jum'at


Walau sekarang hanya tutorial. Namun, ini adalah hari-hari yang padat. Hari yang cukup ku tunggu-tunggu. Hari dimana semua akan penuh warna dan gelak tawa, walau harus melewati beberapa jam lagi untuk menantinya.

Banyak sekali yang ingin ku curahkan, menceritakan semuanya pada mamaku, agar hati ini terasa longgar dan ringan. Tapi, esok tak hanya untuk menunggu itu. Tugasku masih banyak, dan punggung ini harus siap untuk menopangnya.

Mungkin tak tepat pukul 10.00, kami selesai tutorial. Isu kuliah tambahan pun merebak. Aku sih sebenarnya mau ke PKM limau manis untuk ngurusin beasiswa. Kalau boleh jujur, jalan-jalan ke limau manis adalah suatu pekerjaan yang membosankan bagi ku. Tanya kenapa??? Karena perjalanannya jauh banget, bisa menguras waktu ku ampe 2-3 jam pulang balek, kayak dari Payakumbuh ke Bukittinggi aja. Nggak tahan ...........

Oke, lupakan masalah jarak. Yang penting, perjalan ke Unand Atas (Limau Manis-Red) menguras banyak energi. Bukanya nggak…

Ingin Ku Ceritakan Semuanya...........

Sekarang aku merasa malaise (lemah & lesu). Berat sekali rasanya. Kaki-kai ini ku paksakan melangkah. Jauh dan semakin menjauh. Agaknya aku sedang jemu. Heh..., tau apa aku tentang jemu. Aku hanya latah saja, latah karena orang sering mengatakannya. Latah........??? Apa sebenarnya ini??? Hingga berani-beraninya aku mengungkapkan kata-kata itu....

Aku heran, semua terasa aneh. Hari yang aneh. Dengan rutinitas yang kurasa aneh. Teman-teman yang aneh... atau malah aku yang memang orang aneh. Entahlah, aku tak tau.

Sekarang aku hanya ingin mencoba bertahan. Berjalan dan terus menghindar. Tapi, pantaskah aku seperti itu? Ingin rasanya merangkul semuanya, bercanda dan tertawa seperti dulu. Tapi sayang, semuanya sudah terlanjur aneh...

Banyak sekali yang sebenarnya ingin ku katakan pada dunia. Ketika jemari belum sempat untuk menyentuh keyboard ini, aku sudah mulai menulis di dalam kepala ku. Huruf demi huruf ku coba rangkai menjadi sebuah kata. Hingga kata-kata itupun melahirkan sebuah kal…

Rapat Medika 2 ^_^

Padang, 29 Juni 2009
Senin
Aku lagi rapat medika 2
rapatnya di DIsekarang lagi bahas tentang acaranya, mau ada mentoring atau nggak????menurut ku sih, adain aja mentoringnyaaku bendahara, tapi nggak megang uang sepeserpun. ironis, hick...hick....masalah dalam setiap event dan organisasi adalah .............. KEUANGAN. setuju nggak???Aku lagi kurang enak badan nih, nggak tau kenapa nih??? kepala ku nyut-nyutan.

NASEHAT UNTUK DIRIKU

Padang, 9 Juni 2009
Selasa


-Pagi yang malang. Jari jempolku berdarah. Banyak sekali. Walaupun lukanya cuma sedikit, tapi darahnya ngucur terus. Apa bleeding time ku nggak normal ya????? Oh ya, lukanya karena kaca meja yang udah pecah tapi tetap aja dipake, akhirnya memakan korban deh…

-Saran à kalau mau tutorial, jangan duduk di dekat meja yang kacanya udah pecah, hindarilah selagi bisa, agar tragedi jempol berdarah tidak terjadi lagi. He…he…

-Tutor kami Bu Rahmatina. Tadi nggak datang, udah coba di telepon tapi nggak diangkat. Ternyata beliau ada acara pelatihan tutor baru.

-Aku dan Dona ke rektorat buat nggambil formulir Unand Award. Tapi katanya udah di antar ke fakultas tadi pagi. Namun kami nggak mau perjalanan kami yang cukup panjang ini sia-sia, jadi kami minta aja satu formulir. Ternyata, pas aku nyampe di bawah, aku tanya ke kemahasiswaan formulirnya belum nyampe. Alhamdullilah, tadi kami minta formulirnya.

-Ya Allah, aku sudah menemukan ibadah rahasiaku. Yang hanya diketahui oleh …

MANUSIA, APA YANG KAU SOMBONGKAN ???

Mobil mewah yang kau kendarai setiap hari? Sayangnya dalam beberapa menit benda mewah dan mengilap itu bisa hilang dari tempat parkir anda. Ya, mungkin saja ada yang membobol kuncinya dan membawa kabur mobil anda. Masihkah anda bisa bangga dengan mobil mewah itu?Harta yang melimpah ruah? Coba ingat-ingat kembali. Benarkah harta itu milik anda? Apakah anda merasa sangat pantas untuk memiliki harta itu karena anda mati-matian bekerja siang malam untuk mendapatkanya? Sampai-sampai tak ada satu ibadah pun yang anda kerjakan. Dipikiran anda hanya uang…uang…dan uang…. Tahukah anda di dalam harta anda itu, terdapat hak orang-orang miskin? Adakah anda ingat untuk memberikan kelebihan harta anda kepada orang yang memerlukan? Jangankan memberikan, menyisihkanpun tidak. Nauzubillah….Pangkat dan kedudukan yang berjubel? He..he… itu bukan hal yang harus dibanggakan, tapi seharusnya sesuatu yang harus ditanggisi, karena itu amanah yang harus dipertanggungjawabkan di dunia dan di akhirat. Bukan suat…

KETIKA KU BACA SEBUAH CERITA

Ketika ku baca sebuah cerita, aku teringat akan seorang lelaki yang penuh cinta kepada ku. Yang mengorbankan hari-harinya demiku. Yang selalu bermandikan keringat untuk melihatku tersenyum. Dialah ayahku….Walau lelah, walau saat azan berkumandang dia telah beranjak dari tempat tidurnya, semangatnya tak pernah luntur. Selama lebih dari 15 tahun dia mengantarkan kami ke sekolah, lalu menjemput kami ketika pulangnya. Mengantarkan es mambo ke sekolah-sekolah. Begitu besar dan beratnya perjuangan beliau. Ya, allah…. Aku mencintainya, ampunilah dosanya ya Allah. Sayangilah dirinya sebagai mana dirinya menyayangi ku sejak ku kecil. Bahagiakanlah dia di dunia dan di akhirat. Dan kumpulkanlah kami kembali di surgaMu ya Allah. Amin…Dalam cerita itu, digambarkan seorang ibu yang mempertaruhkan nyawanya saat melahirkan anaknya. Aku ingat ibu ku ya Allah. Dia juga mempertaruhkan nyawanya demi ku. Mengasuhku sejak kecil. Menyuapiku. Menyisir rambut ku. Mengusap kepalaku dengan lembut. Bahkan ia men…

MENANG AWARD DADAKAN !!!!!

Padang, 18 Juni 2009




Tiba-tiba, Ice mengejutkanku dari belakang....

Ice : Kak..... Ice ada hadiah untuk Kak di Blog Ce. Buka aja Blog Ce sekarang Kak.
Aku : Iya............. (dengan tampang bingung gitu) Ok deh........

Ice dengan segeranya kembali ke tempat duduknya and hanyut lagi dengan laptop yang ada di depannya.

Penasaran. Aku langsung menekan link Blog Ice dari Blog ku.

30 detik......... Loading.........
1 menit......... loading.........
2 menit....... Akhirnya DONE.......

Tau nggak yang kulihat..........
aku melihat suatu tulisan yang berjudul "AWARD"
Penasaran dengan tulisan ini, aku langsung membacanya..............

Dan ternyata saudara-saudara...............
Apakah isinya.................
Isinya...................
AKU DINOBATKAN SEBAGAI PEMENANG AWARD yang mengharuskan aku untuk melanjutkan penobatan award ini ke teman-teman di blogroll ku, sebanyak 5 orang. Waduh, siapa ya yang beruntung mendapatkan award ini dari ku?????????? (masalahnya, di blogrollku hanya ada 4 orang, jad…

NASEHAT UNTUK JIWAKU.......

Padang, 18 Mei 2009
Senin

·Dan kita semua akan menjadi tua.
·Berdagang pekerjaan baik, dokter juga baik. Tapi jangan jadi dokter yang berdagang.
·Jika Allah sudah berkehendak, maka semuanya akan terjadi.
·Belajarlah untuk menghargai orang lain.
·Meniru untuk kebaikan……….. nggak ada masalah tuh…………
·Jangan pernah menyakiti hati saudaramu, walaupun dia pernah menyakiti hatimu.
·Tanggung jawab, begitu berat rasanya. Namun sering orang memandangnya sebelah mata.
·Skenario yang berjudul “Benjolan yang Nakal di Leher Kino”, sepertinya sedang ku alami saat ini. Mungkinkah aku Limfoma maligna???
·Dua benjolam baru muncul di leherku. Biopsi????
·Allahlah yang menurunkan penyakit, maka dia pulalah yang menurunkan obatnya. Kita hanya bisa berusaha dan berdoa.
·Proker, baju, stiker dan gantungan kunci………………….
·Time schedule, sangat membantuku………..
·Bentar lagi ujian Blok 11………
·Bentar lagi Ramadhan…………. Ya allah sampaikanlah umurku pada bulan Ramadhan, agar aku bisa merasakan indahnya Ramadhan tahun ini. Amin….…

P O L I T I K

Dia mungkin lebih tajam dari pisauTapi itu bukanlah pisauDia membuat semuanya berguncangTapi itu bukanlah gempa
Dia membuat suasana panasDan makin memanasTapi dia bukanlah baraApalagi api yang menyala-nyala
Tapi dia membuat orang lupaLupa anak, istri dan keluargaDia menutup mataDari segala keluh tetangga
Aku sempat terngangaMengapa dia membuat semua hilang tali saudara …Aku sempat tak sangkaDia bisa berbuat gila
Sekarang aku mulai percayaKarena dia mulai berkuasaWalaupun dia tak bernyawaWalaupun dia hanya politik belaka….Itulah dunia …
My question is..........
Gimana ya PEMILU PRESIDEN 9 Juli nanti????
Biarlah waktu yang akan menjawab ^_^

Tapi, jangan ampe GOLPUT ya.........


RENUNGKANLAH....

“Doa seorang muslim untuk saudaranya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang orang yang didoakannya adalah doa yang dikabulkan. Pada kepalanya ada malaikat yang menjadi wakil baginya, setiap dia berdoa untuk saudaranya dengan sebuah kebaikan, maka malaikat tersebut berkata amin dan engkaupun mendapatkan apa yang ia dapatkan” (HR. Muslim No.2733)“Hiduplah bersama Al Quran, baik dengan cara menghafal, membaca, mendengarkan atau merenungkannya. Sebab, ini merupakan obat paling mujarab untuk mengusir kesedihan dan kedukaan… (La Tahzan). Tersenyumlah pagi ini…. Maka pagi ini akan tersenyum padamu… ^_^”“Ya Allah jagalah saudaraku ini, dikala penjagaanku tak sampai padanya, sayangilah ia, dikala sayangku tak mampu merengkuhnya dalam dekapan nyata, muliakan ia, kala penghargaanku tak terangkum dalam kata-kata yang sahaja. Karena engkau punya segala yang tak ku punya & karena ku ingin dia selalu menjadi saudaraku di dunia dan mengharap bertemu dengannya di jannah Mu… Amin “Rasulullah bers…

MAHASISWA “AGENT OF CHANGE” BUKAN “AGENT OF CHANCE”

Belum lama ini, tepatnya tanggal 20 Mei, kita semua rakyat Indonesia merayakan suatu hari yang amat bersejarah, awal lahirnya rasa kebangsaan di tanah air ini, HARI KEBANGKITAN NASIONAL. Atas prakarsa dr. Wahidin Sudirohusodo sebuah organisasi nasional lahir dari Mahasiswa Kedokteran Stovia. Mahasiswa mulai membuat pembaharuan dan memainkan perannya sebagai agent of change.Mahasiswa adalah sebuah masa pematangan menuju otoritas pola hidup yang baru. Fenomena pun beranjak dari putih abu-abu yang idealis, pemimpi dan penuh hura-hura menjadi seseorang yang bertanggung jawab memegang peranan sebagai ikon agent of change sebuah bangsa. Tak banyak yang bisa sadar dan berlakon dengan baik terhadap peran yang disandangnya. Banyak mahasiswa yang memunculkan lakon-lakon baru untuk mengantikan tugas sesungguhnya. Mereka memulai untuk membuat definisi-definisi baru untuk kata “mahasiswa”. Ada yang berkata bahwa mahasiswa adalah golongan kaum elit yang biasanya berpenampilan “wah” atau “parlente” …

FENOMENA DIRI

Sering kita menilai seseorang berbuat salahTapi, pernahkah kita melihat diri kita sendiri?Membuka lembar demi lembar perbuatan diriDan mulai menganalisa kesalahan-kesalahan ini?
Sering kita disibukkan oleh urusan-urusan orang lainDan sering kita mempersalahkan kesalahan-kesalahan orang lainNamun, tahukah kita…Mempersalahkan kesalahan orang lain, adalah suatu kesalahan
Sering kita membicarakan saudara kita sendiri yang berbuat salahMengulang-ulang membicarakan kesalahannyaDan menyesali perbuatan yang dilakukannyaTapi, pernahkah kita berfikir…Bahwa membicarakan kesalahan saudara sendiri, adalah suatu kesalahanDan…, belum tentu orang yang membicarakan lebih baik dari orang yang dibicarakan
Kita hanya bisa mengeluh dan mengeluh saja dengan keadaan ituMeneteskan air mata, tanpa ada suatu solusi nyataApakah dengan mengeluh dan terus mengeluhSemua akan selesai?Apakah dengan keluhan-keluhan tersebut akan mengembalikan keadaan ke kondisi semula?Jawabannya…TIDAK saudaraku….

KISAH TENTANG LMA & LMK

Padang, 20 Mei2009KISAH TENTANG LMA & LMK
LMA kependekan dari Leukimia Mieloblastik Akut, sedangkan LMK adalah kependekan dari Leukimia Mielositik Kronik. Tadi aku pratikum SHDT dan SST LMA & LMK. Nah lo, binggung kan apa itu SHDT dan SST? Kebanyakan istilah ya… Aku aja pertamanya binggung. SHDT itu kependekan dari Sediaan Hapus Darah Tepi, sedangkan SST itu Sumsum Tulang.Kalau kita berbicara tentang LMA, maka ada 8 tingkatan yang akan kita pelajari dan yang akan kita observasi penampakannya. Mulai dari M0-M7, dengan model dan gaya yang berbeda-beda. Sebelum lebih jauh bercerita tentang M0-M7, lebih baik kita berkenalan dulu dengan perkembangan seri mielopoetik dan Monopoetik, mungkin juga akan ditambah dengan seri eritropoetik dan megakariopoetik.MIELOPOETIK.Mieloblastà ukuran besar, anak inti 2-4, sitoplasma sedikit dan tidak bergranul.Promielosità ukuran hampir sama besar dengan mieloblast, tapi sitoplasma lebih besar dan sudah memiliki granul primer (granul yang belum berdi…