Skip to main content

Posts

Showing posts from 2009

SAAT MAYAT-MAYAT ITU MENGAJARIKU

Tubuh kaku itu, tetap kakuDiam dengan semua kata-kata bisuSaat kaki ini melangkahSuasana mencekam itu tak berubahBagian-bagian tubuh yang tak berpenghuniBerubah menjadi kata-kata yang mudah untuk diserapiTubuh kaku itu entah siapaTapi ia tak sia-sia…Sengatan bau itu pedih pada mataMemaksa diri untuk keluar tanpa suaraTapi ia banyak gunaHingga ku dapat ilmu tiada taraSiapapun engkau…Terima kasih…Cadaver di Laboratorium Anatomi….

I WILL BE A SUCCESS PERSON…

Ya, malam ini aku menonton tentang orang-orang Indonesia yang sukses di luar negeri. Banyak sekali dan sangat mencengangkan. Mereka memberi inspirasi kepada ku. Lihatlah suatu hari nanti aku akan menjadi orang yang lebih sukses dari mereka. Sayangnya, meraka tak berada di Indonesia, mungkin karena kurangnya “penghargaan” pada mereka. Mereka orang Indonesia yang diberi “penghargaan lebih” oleh bangsa lain. Menyedihkan… Ketika ditanya, mau kah anda kembali ke Indonesia dan memajukan penelitian di Indonesia? Lama beliau tak menjawab. Walaupun belum sempat menjawab, aku bisa membaca bahasa verbalnya yang berat untuk mengatakan “Ya”.

Aku pun ingin belajar dan meniti karier di luar sana, di belahan bumi yang belum pernah ku tapaki. Mungkin tak semudah mengucapkannya, tapi aku yakin aku bisa. Lihatlah, suatu hari nanti akan ku buktikan pada semua. Mungkin banyak yang tak percaya, bahkan tertawa terpingkal-pingkal mendengarnya. Aku yakin, Allah tak kan sia-sia.

Tenang Indonesiaku. Aku tak kan m…

CINTA SEJATI… BALASLAH DENGAN DOA MU…

Tulisan ini ku sadur dari blog salah seorang seniorku (http://scriptamanentverbavolent.blogspot.com/2009/11/inspirasi-tulisan-dibawah.html). Jujur, aku sangat menyukai tulisan ini, karena itu aku menyadurnya dan menambahkan sedikit komentarku tentang tulisan ini. Coba simak dan ambil hikmah dari tulisan ini….

Biasanya anak-anak yg jauh dari orang tuanya merasa kangeen sekali dgn mamanya.

Lalu bagimana dgn papa?

Mungkin mama lebih sering menanyakan keadaan anaknya setiap hari. Tp taukah kamu jika papamu yg mengingatkannya utk menelfonmu?

Mgkn mama yg lebih sering mengajakmu bercerita,tp taukah kamu sepulangnya ia bekerja dgn wajah lelah ia selalu menanyakan kabarmu dari mama mu?

Waktu kecil..

Papa mengajari putri kecilnya bermain sepeda. Setelah dia mengganggap kamu bisa ia melepaskan roda bantu di sepedamu, saat itu mama menutup mata karena takut anaknya terjatuh lalu terluka.tp ayah dgn yakin menatapmu mengayuh sepeda dgn pelan karena dia tahu putri kecilnya pasti bisa.

Saat kamu menangis m…

MENANGIS….

Ya…., ini waktu ku untuk menangis. Aku tak bisa lagi berpura-pura tegar seperti ini. Pahamilah saudaraku, aku ini rapuh. Aku bukan bermaksud untuk selalu dipahami, tapi hanya memintamu untuk meluangkan waktu, sedikit saja……., untuk bisa mengerti bagaimana aku sebenarnya.

Mungkin kau selalu menganggapku tegar, tanpa masalah dan selalu ceria. Tau kah kau, aku sekarang hanya ingin menangis. Menangis….mengangis…. dan menangis…. Bolehkan kau memberiku waktu untuk menangis, saudaraku. Amanah ini begitu terasa berat dipundakku, atau apakah aku yang terlalu manja untuk memikul amanah ringan ini???

Bulir-bulir air mata itu dengan spontan membanjiri pipiku, tanpa komando dia telah membuat alur-alur anak sungai yang tak terbendung. Ya, biarkanlah sebentar mata itu berair. Agar dia sadar akan penciptaannya. Agar dia sadar tentang siapa dia sebenarnya. Agar dia sadar akan kebesaran Sang Pencipta dan kebenaran janji-janji Nya.

Maka, biarkanlah aku menangis….

Dan aku pun akan membiarkan mu menangis dan…

I want....,But I can't....

Aduh, dah lama banget rasanya ngak up date "Blog". Saat buka blog di wireles kampus, terlena dengan membaca blog2 teman yang lain (Mel, you have talent to be a writer sis....). Akhirnya waktu yang tak seberapa, dihabiskan dengan kegiatan yang tak seberapa pula.

Kali ini pun begitu, melihat tulisan2 teman2 yang memberi inspirasi dan dan menjadi terinspirasi. Akhirnya aku tak tahan juga untuk menuliskan sedikit kata2 pada lembaran lusuh blog ku ini. Walau sebenarnya aku sedang negtik tulisan untuk Broca edisi bulan ini.

Suatu hari aku pernah berpikir, adakah suatu saat nanti suatu alat seperti Mp3 atau Mp4 yang bisa merekam gelombang2 elektronik dari otak, sehinga tanpa mengeluarkan sepatah kata pun kita sudah merekam apa yang kita pikirkan. Banyak sekali rasanya yang pantas untuk ku tulis di blog ini, yang membangkitkan semangat belajar dan cinta kepada Mu, berharap semangat itu dapat merambat kepada pembaca yang tak sengaja nyasar ke blog ku.... He...he...

Sayangnya, aku tak pu…

SEPEDA LAMA,TAPI BARU...

Apa sih maksud judulnya? "SEPEDA LAMA,TAPI BARU?!?"

iya nih,udah hampir 1 minggu aku terpisahkan dengan sebuah benda yg selalu setia menemaniku,yang tak bisa di pisahkan jauh dari diriku. apakah itu? yop benar sekali,ngak salah lagi dia adalah kendaraan terbags yg ada d fk unand,SEPEDA KU.
hari senin kemaren,awal blok 14,aku ngk ke kampus dgn sepeda. semua2 teman bertanya2,kemanakah gerangan pujaan hati ku yg satu ini. kenapa pujaan hatiku itu membiarkan aku berjalan sendiri. menyedihkan... becanda ding

PHOBIA

Entah dari mana ide untuk membuat tulisan tentang PHOBIA ini muncul. Tapi ku kira, saat Ila menjerit sejadi-jadinya siang itu.Aahgg………………Ulat…ulat….Aaaahhhggggg………….Sontak saja, aku yang sedang tidur-tiduran di kamar berlari keluar.Aku: Ada apa La?Ila: Ada ulat…. Tu di situ…. (sambil menunjuk ke arah tangga)Aku: (pergi ke tangga sambil celingak-celinguk memperhatikan, maksudku mencari-cari makhluk yang membuat Ila memekik seperti itu) mana?Ila: itu, yang gerak-gerak…Aku: Oh iya…. (sambil membuang ulat tersebut)Keadaan kembali aman dan terkendali.Ok, keadaan Ila di atas, ku sebut dengan PHOBIA. Entah hanya sok-sokan menggunakan istilah itu atau karena memang itulah istilah yang cocok, aku juga nggak tau, cuma pura-pura menjadi sok tau (he…he…., cengigisan karena bingung sendiri dengan tulisan yang sedang dibuat). Nggak hanya itu, ternyata setiap orang ada phobia sendiri-sendiri, itu yang membuat otakku dan daya imajinasiku tergugah untuk menulisnya.Pertama, Ila selain takut sama ulat, …

AIR PUN MENJADI COBAAN....

Sekarang dah tanggal 22 Oktober 2009, berarti 22 hari telah kita lewati pasca gempa sumatera yang meluluh lantakan kota Padang dan Pariaman. Keadaan sudah kembali normal, masyarakat pun mulai bangkit. anak-anak mulai pergi ke sekolah dan mahasiswa pun memulai kehidupan kampusnya yang super sibuk lagi.


Tapi ada satu hal yang terjadi di sekitar daerha Jati. AIR BELUM HIDUP JUGA. waduh.... mula2 nya sih enjoy aja angkut2 air dari bak umum ke rumah. trus nyambung ngangkatnya ke lantai 2. tapi setelah 2 hari, 3 hari, 1 minggu, semua badan rasanya sakit2, tulang seakan mau remuk, pokoknya ngak nyaman banget buat belajar di malanm harinya. so, kejadian pada malam harinya bisa di pastikan aku akan terkapar di tempat tidur.

Hari pertama nyampe di Padang, air di sumur depan rumah masih penuh, jadi kami nimba air nya dari sana aja. Dan waktu itu juga papa yang angkatin air ke lantai dua. sayangnya, air itu hanya cukup untuk 1 hari. kenapa??? karena bak ku bocor,jadi nggak bisa di isi. terpaksa ngi…

ANUGRAH UNAND AWARD 2009

Semua berjalan begitu indah. Aku nggak nyangka kalau aku terpilih menjadi 3 besar di ajang anugrah unand 2009 ini. Prestasi yang tak seberapa membuatku ku kurang percaya diri untuk menjadi nominee...

Acara penyeleksian akhir di mulai pukul 9, sebelum jam dinding menunjukan pukul sembilan aku dan keluarga sudah standby di lokasi penyeleksian. Degdegan, pasti. 10 menit sudah berlalu. 20 menit... sampai akhirnya acara penyeleksian terakhir di mulai.

Tak banyak yang dapat ku buat. Aku hanya bisa berusaha dan berdoa, selebihnya ada Yang Maha Kuasa yang kan menentukan semuanya, Allah SWT. Aku tinggal bertawakal....

Alhamdulillah hasilnya memuaskan....

AKU JATUH CINTA ….

Benar-benar, aku mencintai mereka. Cinta karna Mu ya Allah. Bagaimana cara aku mengungkapkan rasa cinta ku pada Mu, karena kau telah memberi “rasa” ini pada ku untuk mereka yang sangat ku cintai. Mereka membuatku bahagia. Dan aku bahagia.Apa sih??? Melankolis kali. Hick…hick…. Sok di puitis-puitiskan. Ha…ha….Oke, dibawah ini aku akan memaparkan orang-orang yang sangat ku cintai. Yang membuatku selalu bahagia. Membuat hati berbunga-bunga. Ingin selalu bersama. Hang out bareng. Tukar cerita dan berbagi duka. Semua perasaan itu membuatku bahagia walau kadang mereka membuatku deg-degkan, cemas, selalu memikirkan mereka, sms tiap sebentar, minta untuk di telpon, ya semuanya adalah hal-hal yang tak kan terlupakan dan hal-hal yang selalu ku rindukan.Yuk mari…..Pertama, orang yang paling tampan yang tinggal di rumah ku. Dari 5 orang penghuni rumah, beliaulah orang yang paling ganteng, yang paling gagah, yang selalu setia mengantarku kemana saja, lalu menjeput ku dimanapun aku berada. He..he… …

LKMM ISMKI Wilayah 1....

Padang, 9 Juli 2009


Waduh, aku baru sempat nulisin berlusin-lusin pengalaman ku di LKMM ISMKI wilayah 1 sekarang. Maklum orang sibuk (cie.... sibuk apa nya buk??? perasaan tidur melulu....). Banyak banget rasannya hal-hal menarik yang akan aku sampaikan dari masalah-masalah yang menegangkan urat saraf ampe masalah-masalah yang melonggarkan urat saraf, benar-benar membuat sakit saraf, he...he... Ngak ding, becanda doang.

Oke, sebelum aku menuangkan semua unek-unek ku selama beberapa minggu ini yang akan aku bagi kedalam beberapa judul (waduh, emang mau nulis buku buk??? mau nya tuh...), terlebih dahulu aku mau nge posting tugas-tugas ku selama LKMM ISMKI wilayah 1.

Coba renunggi........


MOTIVATION LETTERLKMM adalah kependekan dari Latihan Kepemimpinan dan Managemen Mahasiswa. Suatu metamorfosis dari LDK yaitu Latihan Dasar Kepemimpinan. Dengan menyisipkan pelatihan manangemen, LKMM insyallah lebih lengkap dari pendahulunya (LDK). Jika ditanya tentang alasan mengikuti LKMM, saya yakin jawab…

Berita yang Menyesakkan....

Padang, 19 Juni 2009
Jum'at

Masih di hari yang sama. Hari Jum'at. Perjalan dari Unand atas bukanlah suatu akhir pada hari ini. Masih ada agenda besar yang ingin ku persiapkan. PENSIL 1 Broca. Pelatihan Jurnalistik dan Silaturahim 1 Broca. Besok, adalah hari itu. Proker pertama HRD Broca akan dilakukan. Ya, ini tugas pertamaku sebagai seorang Pimpinan HRD untuk memimpin suatu acara. Sedikit takut dan deg...deg...kan. Walau semuanya telah ku persiapkan semaksimal mungkin. Di atas Bus kota, saat pulang menuju FK, aku mengirim sms untuk mengkonfirmasikan kembali kedatangan dan kesiapan para Pemateri. Tak terlalu ribet, tinggal sms tanggal, waktu, dan jam. Beres.

Sebelum ashar aku dah nyampe lagi di FK. Dengan sedikit lelah, sedikit ngantuk, sedit capek dan sedikit nyut-nyutan. Namun yang perlu di catat, kalau sedikit demi sedikit di kumpulin akhirnya akan menjadi banyak. So, intinya aku benar-benar capek.............

Tidur-tiduran dikamar, sambil nunggu azan ashar. Ya, walau kelihatan…

Hari-hari yang Membuat Adrenalin Meningkat

Padang, 19 Juni 2009
Jum'at


Walau sekarang hanya tutorial. Namun, ini adalah hari-hari yang padat. Hari yang cukup ku tunggu-tunggu. Hari dimana semua akan penuh warna dan gelak tawa, walau harus melewati beberapa jam lagi untuk menantinya.

Banyak sekali yang ingin ku curahkan, menceritakan semuanya pada mamaku, agar hati ini terasa longgar dan ringan. Tapi, esok tak hanya untuk menunggu itu. Tugasku masih banyak, dan punggung ini harus siap untuk menopangnya.

Mungkin tak tepat pukul 10.00, kami selesai tutorial. Isu kuliah tambahan pun merebak. Aku sih sebenarnya mau ke PKM limau manis untuk ngurusin beasiswa. Kalau boleh jujur, jalan-jalan ke limau manis adalah suatu pekerjaan yang membosankan bagi ku. Tanya kenapa??? Karena perjalanannya jauh banget, bisa menguras waktu ku ampe 2-3 jam pulang balek, kayak dari Payakumbuh ke Bukittinggi aja. Nggak tahan ...........

Oke, lupakan masalah jarak. Yang penting, perjalan ke Unand Atas (Limau Manis-Red) menguras banyak energi. Bukanya nggak…

Ingin Ku Ceritakan Semuanya...........

Sekarang aku merasa malaise (lemah & lesu). Berat sekali rasanya. Kaki-kai ini ku paksakan melangkah. Jauh dan semakin menjauh. Agaknya aku sedang jemu. Heh..., tau apa aku tentang jemu. Aku hanya latah saja, latah karena orang sering mengatakannya. Latah........??? Apa sebenarnya ini??? Hingga berani-beraninya aku mengungkapkan kata-kata itu....

Aku heran, semua terasa aneh. Hari yang aneh. Dengan rutinitas yang kurasa aneh. Teman-teman yang aneh... atau malah aku yang memang orang aneh. Entahlah, aku tak tau.

Sekarang aku hanya ingin mencoba bertahan. Berjalan dan terus menghindar. Tapi, pantaskah aku seperti itu? Ingin rasanya merangkul semuanya, bercanda dan tertawa seperti dulu. Tapi sayang, semuanya sudah terlanjur aneh...

Banyak sekali yang sebenarnya ingin ku katakan pada dunia. Ketika jemari belum sempat untuk menyentuh keyboard ini, aku sudah mulai menulis di dalam kepala ku. Huruf demi huruf ku coba rangkai menjadi sebuah kata. Hingga kata-kata itupun melahirkan sebuah kal…

Rapat Medika 2 ^_^

Padang, 29 Juni 2009
Senin
Aku lagi rapat medika 2
rapatnya di DIsekarang lagi bahas tentang acaranya, mau ada mentoring atau nggak????menurut ku sih, adain aja mentoringnyaaku bendahara, tapi nggak megang uang sepeserpun. ironis, hick...hick....masalah dalam setiap event dan organisasi adalah .............. KEUANGAN. setuju nggak???Aku lagi kurang enak badan nih, nggak tau kenapa nih??? kepala ku nyut-nyutan.

NASEHAT UNTUK DIRIKU

Padang, 9 Juni 2009
Selasa


-Pagi yang malang. Jari jempolku berdarah. Banyak sekali. Walaupun lukanya cuma sedikit, tapi darahnya ngucur terus. Apa bleeding time ku nggak normal ya????? Oh ya, lukanya karena kaca meja yang udah pecah tapi tetap aja dipake, akhirnya memakan korban deh…

-Saran à kalau mau tutorial, jangan duduk di dekat meja yang kacanya udah pecah, hindarilah selagi bisa, agar tragedi jempol berdarah tidak terjadi lagi. He…he…

-Tutor kami Bu Rahmatina. Tadi nggak datang, udah coba di telepon tapi nggak diangkat. Ternyata beliau ada acara pelatihan tutor baru.

-Aku dan Dona ke rektorat buat nggambil formulir Unand Award. Tapi katanya udah di antar ke fakultas tadi pagi. Namun kami nggak mau perjalanan kami yang cukup panjang ini sia-sia, jadi kami minta aja satu formulir. Ternyata, pas aku nyampe di bawah, aku tanya ke kemahasiswaan formulirnya belum nyampe. Alhamdullilah, tadi kami minta formulirnya.

-Ya Allah, aku sudah menemukan ibadah rahasiaku. Yang hanya diketahui oleh …

MANUSIA, APA YANG KAU SOMBONGKAN ???

Mobil mewah yang kau kendarai setiap hari? Sayangnya dalam beberapa menit benda mewah dan mengilap itu bisa hilang dari tempat parkir anda. Ya, mungkin saja ada yang membobol kuncinya dan membawa kabur mobil anda. Masihkah anda bisa bangga dengan mobil mewah itu?Harta yang melimpah ruah? Coba ingat-ingat kembali. Benarkah harta itu milik anda? Apakah anda merasa sangat pantas untuk memiliki harta itu karena anda mati-matian bekerja siang malam untuk mendapatkanya? Sampai-sampai tak ada satu ibadah pun yang anda kerjakan. Dipikiran anda hanya uang…uang…dan uang…. Tahukah anda di dalam harta anda itu, terdapat hak orang-orang miskin? Adakah anda ingat untuk memberikan kelebihan harta anda kepada orang yang memerlukan? Jangankan memberikan, menyisihkanpun tidak. Nauzubillah….Pangkat dan kedudukan yang berjubel? He..he… itu bukan hal yang harus dibanggakan, tapi seharusnya sesuatu yang harus ditanggisi, karena itu amanah yang harus dipertanggungjawabkan di dunia dan di akhirat. Bukan suat…

KETIKA KU BACA SEBUAH CERITA

Ketika ku baca sebuah cerita, aku teringat akan seorang lelaki yang penuh cinta kepada ku. Yang mengorbankan hari-harinya demiku. Yang selalu bermandikan keringat untuk melihatku tersenyum. Dialah ayahku….Walau lelah, walau saat azan berkumandang dia telah beranjak dari tempat tidurnya, semangatnya tak pernah luntur. Selama lebih dari 15 tahun dia mengantarkan kami ke sekolah, lalu menjemput kami ketika pulangnya. Mengantarkan es mambo ke sekolah-sekolah. Begitu besar dan beratnya perjuangan beliau. Ya, allah…. Aku mencintainya, ampunilah dosanya ya Allah. Sayangilah dirinya sebagai mana dirinya menyayangi ku sejak ku kecil. Bahagiakanlah dia di dunia dan di akhirat. Dan kumpulkanlah kami kembali di surgaMu ya Allah. Amin…Dalam cerita itu, digambarkan seorang ibu yang mempertaruhkan nyawanya saat melahirkan anaknya. Aku ingat ibu ku ya Allah. Dia juga mempertaruhkan nyawanya demi ku. Mengasuhku sejak kecil. Menyuapiku. Menyisir rambut ku. Mengusap kepalaku dengan lembut. Bahkan ia men…

MENANG AWARD DADAKAN !!!!!

Padang, 18 Juni 2009




Tiba-tiba, Ice mengejutkanku dari belakang....

Ice : Kak..... Ice ada hadiah untuk Kak di Blog Ce. Buka aja Blog Ce sekarang Kak.
Aku : Iya............. (dengan tampang bingung gitu) Ok deh........

Ice dengan segeranya kembali ke tempat duduknya and hanyut lagi dengan laptop yang ada di depannya.

Penasaran. Aku langsung menekan link Blog Ice dari Blog ku.

30 detik......... Loading.........
1 menit......... loading.........
2 menit....... Akhirnya DONE.......

Tau nggak yang kulihat..........
aku melihat suatu tulisan yang berjudul "AWARD"
Penasaran dengan tulisan ini, aku langsung membacanya..............

Dan ternyata saudara-saudara...............
Apakah isinya.................
Isinya...................
AKU DINOBATKAN SEBAGAI PEMENANG AWARD yang mengharuskan aku untuk melanjutkan penobatan award ini ke teman-teman di blogroll ku, sebanyak 5 orang. Waduh, siapa ya yang beruntung mendapatkan award ini dari ku?????????? (masalahnya, di blogrollku hanya ada 4 orang, jad…