Kamis, 18 Juni 2009

MANUSIA, APA YANG KAU SOMBONGKAN ???


Mobil mewah yang kau kendarai setiap hari? Sayangnya dalam beberapa menit benda mewah dan mengilap itu bisa hilang dari tempat parkir anda. Ya, mungkin saja ada yang membobol kuncinya dan membawa kabur mobil anda. Masihkah anda bisa bangga dengan mobil mewah itu?

Harta yang melimpah ruah? Coba ingat-ingat kembali. Benarkah harta itu milik anda? Apakah anda merasa sangat pantas untuk memiliki harta itu karena anda mati-matian bekerja siang malam untuk mendapatkanya? Sampai-sampai tak ada satu ibadah pun yang anda kerjakan. Dipikiran anda hanya uang…uang…dan uang…. Tahukah anda di dalam harta anda itu, terdapat hak orang-orang miskin? Adakah anda ingat untuk memberikan kelebihan harta anda kepada orang yang memerlukan? Jangankan memberikan, menyisihkanpun tidak. Nauzubillah….

Pangkat dan kedudukan yang berjubel? He..he… itu bukan hal yang harus dibanggakan, tapi seharusnya sesuatu yang harus ditanggisi, karena itu amanah yang harus dipertanggungjawabkan di dunia dan di akhirat. Bukan suatu prestasi yang bisa dipamerkan. Maka masih banggakah anda karena anak seorang pejabat atau presiden??? Yang menjabat sebagai presiden aja nggak seharusnya bangga, karena sebenarnya seorang presiden adalah pekerja keras yang menanggung beban hidup seluruh rakyat Indonesia, nggak hanya 2-3 orang anak seperti orang tua kita. Sekarang pikirkanlah, apakah kita pantas untuk sombang, padahal kita hanya anak seorang pejabat, bukan pejabatnya. He..he…lucukan bangga dengan prestasi seseorang yang tidak harus dibanggakan…..

Wajah yang cantik dan ganteng bak super star? Ho…ho…ho… Tau pepatah yang berbunyi seperti ini nggak “don’t judge a book from the cover”, maksudnya jangan lihat sesuatu dari luarnya aja buk…. Soalnya nggak menjamin. Udah banyak kejadian loh, banyak pencopet yang tampang dan penampilannya kayak mahasiswa. Duh…duh…duh… kalau nggak hati-hati kita bisa ketipu. Begitu dengan wajah yang cantik and ganteng, belum menjamin hati and behaviour nya juga “cantik”. Satu lagi, wajah cantik anda itu, dengan beberapa detik bisa berubah menjadi wajah yang amburadul. Kenapa? Ingat lagi dong siapa yang ngasih anda wajah? Siapa yang ngasih wajah mulus dan kinclong ama anda? Mudah bagiNya untuk ngasih wajah yang putih dan berseri pada anda, semudah Ia membuat muka anda penuh jerawat besar-besar yang bisa digunakan untuk menakuti burung-burung nakal di sawah. Bahkan ketika anda tanpa sadar lewat di depan cermin dan melihat bayangan yang dipantulkan oleh cermin itu, anda bisa kaget setengah mampus dan lari terbirit-birit sambil teriak “HANTU….HANTU….” Percaya nggak?

Prestasi akademik dan organisasi anda? Tak ada satu orang pun yang bisa menjamin kelangsungan prestasinya mulus-mulus saja. Kenapa? Karena ilmu itu bukan milik kita. Sehingga kita nggak bisa apa-apa. Ok, mungkin anda selalu dapat A+ disetiap ujian semester. Tapi untuk semester besok, apakah anda bisa menjamin anda bisa dapat A+? Jawabannya nggak sobat. Karena ada Zat yang Maha Memiliki Ilmu, dialah Allah SWT. Jangankan untuk semester depan, untuk ulangan besok pagipun, nggak ada orang yang bisa pastiin gimana nilainya. Pesan saya, sempurnakan ikhtiar dan bertawakallah. Karena segala sesuatu bisa berubah dengan seizin Allah, tau kah kamu berapa waktu yang di butuhkan oleh Allah? Lebih cepat dari kedipan mata. Subhanallah….

So, apa yang harus kita sombongkan? Tepatnya, pantaskah kita sombong? Kita hanya manusia, seorang hamba yang diciptakan oleh Sang pencipta. Ya, kita diciptakan, bukan ada begitu saja di muka bumi ini. Sehingga kita harus patuh dengan aturan yang dibuat oleh Sang pencipta kita. Sekarang coba sebutkan, apa kepunyaan anda yang bisa dibanggakan? Ops… salah, seharusnya ditanya dulu, apakah ada sesuatu di dunia ini yang anda miliki atau barang kepunyaan anda? Oke, coba pikirkan dan renungkanlah, pantaskah kita bangga dan sombong dengan barang yang hanya dititipkan kepada kita???

(Aasiyah Haniifah)

1 komentar: